Biografi TS Eliot


TS Eliot adalah sastrawan besar kelahiran Amerika Serikat yang karya-karya banyak mempengaruhi karya sastra awal abad 20. Tema-tema karyanya menghidupkan kembali drama puitik dan berperan besar bagi penulisan kritik karya sastra di Inggris dan Amerika Serikat. Eliot bernama lengkap Thomas Stearns Elliot, lahir di St Lous Missouri AS 26 September 1888 dan meninggal di East Coker Somerset Inggris 4 Januari 1965. Ia mendapat pendidikan tinggi di unversitas Harvard dan Oxford Inggris, meneatap di Inggris tahun 1915 dan menjadi warga negara Inggris.

Sebelum menjadi penyair, ia pernah bekerja dalam berbagai profesi seperti guru, pegawai bank, dan asisten majalah sastra The Egoist. Menikah dua kali, pertama dengan Vivien Haigh Wood tahun 1915 dan bercerai tahun 1933. Pernikaan kedua dengan Valerie Fletcher tahun 1957. Kumpulan puisi pertamanya berjudul Prufock and Other Observations (1917) yang berisi sajak bebas memakai perumpamaan-perumpamaan modern tentang kehidupan kota metropolitan dengan berbagai masalahnya. Bahasa dan perumpamaan yang digunakan Eliot dalam puisinya belum populer pada jamannya terutama dalam puisi yang berjudul The Weste Land (1922). Puisi ini sangat populer dan menggambarkan sterilitas masyarakat modern dibandingkan masyarakat di masa lalu. 

Pada tahun 1920-1n Eliot memperluas tema karyanya dalam berbagai segi seperti sastra, budaya dan agama. Dalam Esainya yang berjudul The Sacred Wood (1920), di memandang bahwa kritikus harus memiliki kepekaan sejarah untuk menilai karya sastra pada perspektif yang tepat. Sebagai pendiri dan editor majalah The Criterion, Eliot berjasa mendirikan sebuah forum sastra bagi para penulis kontemporer ternama. 

Pada periode 1930-an, karya-karya Eliot menunjukkan ketenangan dan kerendahan hati. Karyanya Four Quartets (1934) dianggap sebagai karya terbaiknya. Eliot juga terkenal sebagai penulis skenario teater. Karya populernya antara lain The Coctail Party (1934), Old Possums Book of Practical Cats (1939). Eliot meninggal tahun 1965 dan dimakamkan di East Coker tempat leluhurnya sebelum bermigrasi ke Amerika Serikat.


Referensi
Buku 100 tokoh paling berpengaruh abad 20
Penerbit Nuansa

0 Komentar untuk "Biografi TS Eliot"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info