Biografi Putri Diana

Putri Diana menjadi salah satu tokoh wanita poluler sejak pernikahannya dengan Pangeran Charles yang digambarkan seperti pernikahan dalam dongeng. Begitu megah, anggun dan mempesona dunia. Jutaan pasang mata menyaksikan the royal Wedding yang begitu sakral. Pesona Putri Diana terus berlanjut selama menjalani kehidupan sebagai anggota keluarga istana Buckingham hingga kematian tragis merenggut nyawanya. Diana menjadi selebritis dunia yang selalu dikejar-kejar pemburu berita hingga akhir hidupnya.  Putri Diana lahir di sebuah rumah sewaan di tanah Kerajaan Sandringham. Ayahnya, Edward Spencer adalah seorang bangsawan Inggris. Diana adalah teman sepermainan Pangeran Edward dan Pangeran Charles putra Ratu Elizabeth II. 

Diana bersekolah di Riddlesworth Hall di Norfolk, kemuidan melanjutkan ke Wst Heath School di Kent. Setelah menempuh pendidikan akhir di Swiss, dia tinggal dengan tiga temannya sambil bekerja sebagai guru taman kanak-kanak. Tanggal 24 Februari 1981 Diana bertunangan dengan Pangeran Charles dan menikah tanggal 29 Juli 1981 di Katedral St Paul London. Diana kemudian melahirkan putra pertamanya tanggal 21 Juni 1982 dan di beri nama Pangeran William Philip Louis. Putra keduanya lahir 15 September 1984 dan diberi nama Pangeran Henry Charles Albert David.

Usia perkawinan Putri Diana dengan Pangeran Charles ternyata mengalami jalan terjal. Keretakan kedua pasangan ini akhirnya tercium oleh media bulan Desember 1992. Diana kemudian keluar dari Istana Bukcingham dan tinggal di Istana Keningston. Pada bulan Desember 1995 Diana membuat wawancara eksklusif dengan Martin Bashir dari BBC. Ia menyatakan bahwa Ratu Elizabeth II mendesaknya bercerai dengan Pangeran Charles.  Akhirnya perceraian Putri Diana dan Pangean Charles resmi diumumkan 28 Agustus 1996, namun Putri Diana tetap berhak menyandang gelar Putri Wales.

Putri Diana banyak terlibat dalam aktivitas sosial dengan mendukung kegiatan amal para tunawisma, anak terlantar dan penderita AIDS sejak menjadi istri Pangeran Charles hingga pasca perceraiannya. Tahun 1997 ia bahkan berangkat ke Angola untuk mendukung kampanye anti ranjau darat oleh Palang Merah Internasional. Semua aktivitas Putri Diana selalu menjadi incaran media. Foto-fotonya bersama pengusaha Mesir Dodi Al-Fayed bahkan membuat heboh keluarga Kerajaan Inggris. Hingga pada tanggal  31 Agustus 1997 Putri Diana diberitakan meninggal dalam kecelakaan mobil di sebuah terowongan di Paris Prancis ketika masih dalam perjalanan bersama Dodi Al-Fayed. Diana kemudian dimakamkan di Althrop tanah kelahiran keluarga Spencer disaksikan Jutaan orang dari seluruh dunia. Kematian Diana memunculkan debat publik mengenai peran monarki Inggris. Banyak orang merasa bahwa sifat “kerakyatan” putri Diana jauh berbeda dengan keluarga kerajaan lainnya.  

Referensi
Buku 100 tokoh paling berpengaruh abad 20
Penerbit Nuansa
0 Komentar untuk "Biografi Putri Diana"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info