Biografi Benito Mussolini


Benito mussolini adalah pendiri fasisme Italia yang berpengaruh besar di Eropa. Di bawah kepemimpinannya, Italia menerapkan kebijakan imperalisme bahkan bersekutu dengan Adolf Hitler yang memperkenalkan ajaran Nazi di Jerman untuk menaklukan Eropa sebelum Pernag Dunia II. Mussolini yang awalnya di dukung rakyat akhirnya tewas di tangan gerilyawan.

Mussolini lahir di Predappio 29 Juli 1883 anak seorang pandai besi. Pendidikannya sebagian besar diperoleh secara otodidak. Namun ia pernah menjadi guru sekolah dan jurnalis sosialis di wilayah Italia Utara. Ia menikah dengan Rachele Guidi dan memiliki 5 orang anak.  Mussolini pertama kali dipenjara karena menentang keterlibatan Italia dalam perang di Libya (1911-1912).  Setelah keluar dari penjara ia di tunjuk menjadi editor koran berhaluan sosialis Avanti. Ketika PD I bergolak ia menyerukan agar Italia bergabung dengan Sekutu sehingga ia dikeluarkan dari Partai Sosialis dan mendirikan koran baru di Milan Il Popolo d`Italia (rakyat Italia) yang kemudian berkembang menjadi organ gerakan fasis. 

Setelah perang Italia usai, ia dan para pemuda veteran perang mendirikan Fasci di Combattimento bulan Maret 1919, sebuah gerakan nasionalistis, antiliberal, antisosialis yang mendapat dukungan massa kelas menengah ke bawah. Gerakannya ini dengan cepat tumbuh dan pertengahan tahun 1920 Fasisme meluas ke seluruh wilayah Italia. Milisinya menggunakan pakaian khas warna hitam mendapat dukungan para pemilik tanah dan menyerang kelompok-kelompok petani dan kelompok-kelompok sosialis. 

Keberadaan Fasisme di Italia sangat ditakuti pemerintah hingga ketika mereka mengancam akan melakukan demonstrasi di Roma, Raja Victor Immanuel III memanggil Mussolini untuk membentuk pemerintahan koalisi tahun 1922. Sejak tahun 1926 pemimpin fasis ini mengubah Italia menjadi sebuah rezim dengan partai tunggal yang bersifat totaliterisme. Para pegawai,buruh dan pekerja di organisasikan dalam kelompok-kelompok yang dikontrol ketat oleh partai. Sistem ini mempertahankan kapitalisme dan memperluas kerja sosial tetapi menghapuskan serikat buruh. Industri juga dibiayai dan dikendalikan oleh negara. Kebijakan luar negerinya sangat agresif. Ia menantang Liga Bangsa-Bangsa dan melakukan penyerangan ke Ethiopia (1935-1936) sehingga di dukung oleh seluruh lapisan masyarakat. 

Namun popularitasnya merosot sejak ia mengirimkan pasukan membantu Jenderal Fransisco Franco dalam Perang Saudara di Spanyol (1936-1939), bekerjasama dengan Nazi Jerman, menerapkan undang-unfang anti-Yahudi dan menyerang Albania tahun 1939. Ketika PD II pecah, Mussolini awalnya tidak ikut terlibat karena militernya tidak siap terutama ketika Jerman menyerbu Perancis. Namun setelah itu, Italia menyerang Inggris di Afrika, Menyerbu Yunani dan bergabung dengan Jerman mengobrak-abrik Yugoslavia, menyerang Uni Soviet dan menyatak nperang terhadap AS. Lama-kelamaan Italia dan Jerman menuai kekalahan dalam pertempuran-pertempuran di Eropa hingga akhirnya Raja Emmanuel memecatnya tanggal 25 Juli 1943. Raja Italia kemudian melakukan gncatan senjata dengan sekutu yang telah menyerbu Italia. Pada Akhir PD II di Eropa, Mussolini berniat melarikan diri ke Swiss namun gerilyawan Italia menangkap dan menembaknya di Giulino.

Referensi
Buku 100 tokoh paling berpengaruh Abad 20
Penerbit Nuansa
1 Komentar untuk "Biografi Benito Mussolini"

Sisi positif dari Benito yang bisa kita contoh adalah kegigihannya dalam hidup. Ia tokoh yang memulai karir dari bawah. Dari sosok yang orang biasa dan keluarga biasa menjadi sosok pemimpin yang disegani. Terlepas masalah PD II ya..ehhehe..

Salam Kenal Art Galery

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info