Biografi Che Guevara


Che Guevara adalah seorang pemimpin gerilya yang tangguh yang berhasil menumbangkan diktaktor Batista di Kuba bersama Fidel Castro. Ia tewas di eksekusi ketika memimpin pemberontakan di Bolivia dan namanya menjadi legenda seperti selebritis. Beberapa ciri khasnya adalah baret miring, brewok, revolusioner dan sorot mata percaya diri. Che Guevara lahir di Rosario Argentina 14 Juni 1928 dan meninggal di Vallegrande 9 Oktober 1967  di eksekusi setelah tertangkap tentara Bolivia.

Che Guevera menempuh pendidikan tinggi di Universitas Buenos Aires tahun 1953 dan sebelum terjun sebagai gerilyawan, ia adalah seorang dokter di Argentina. Ia meninggalkan profesinya untuk memperjuangkan hak-hak kaum miskin terutama di Amerika Latin. Ia bergabung dengan Fidel Castro saat berada di pembuangan di Meksiko. Tahun 1956 bersama Castro dan beberapa tahanan lain melarikan diri dan menyeberangi Laut Karibia dengan perahu dan membawa misi penyerangan Kuba serta menjatuhkan kekuasaan diktaktor Batista.

Guevara berhasil mendarat di daerah rawa yang sangat ganas sehingga kehilangan banyak rekan-rekannya. Ia dan Castro serta beberapa orang yang selamat kemudian berhasil mencapai perbukitan Sierra Maestra. Ia kemudian menggalang kekuatan dan melakukan penyerangan terhadap pemerintah Kuba. Dengan modal keberanian, keterampilan, kekejaman dan taktik perang gerilya, Guevara dan Castro serta para gerilyawan berhasil memasuki Havana dan mengobarkan revolusi sosial di Kuba dan berhasil menumbangkan diktaktor Batista.

Setelah peristiwa tersebut Guevara namanya melambung di dunia Internasional sebagai penantang Amerika. Eksekusi yang di alaminya setelah ditangkap tentara Bolivia dalam suatu misi pemberontakan melawan Tirani Bolivia membuatnya makin terkenal sebagai super hero bagi masyarakat miskin. Kuburannya tidak diketahui, dan ia mati dalam keadaan tangan tertetak seakan-akan para pembunuhnya ketakutan walupun ia sudah mati. 30 Tahun sejak kematiannya namanya tetap hidup dan muncul di mana-mana; dalam gantungan kunci, cangkir kopi, poster,manik-manik di ujung kunci, perhiasan, souvenir, di pertunjukan opera atau teater. Sebagain besar orang mengidolakan Guevera jauh setelah kematiannya hanya dengan mengetahui sedikit mengenai tujuan dan riwayat kehidupannya. Popularitasnya lebih disebabkan keberanian, petualangan, garis perjuangan yang sangat revolusioner, sifat non kooperatif terhadap penguasa yang lalim.


Referensi:
Buku 100 tokoh paling berpengaruh abad 20
Penerbit Nuansa
0 Komentar untuk "Biografi Che Guevara"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info