Biografi Prof Dr. Boediono


Boediono adalah seorang ekonom jenius yang memuncaki karir politik sebagai wakil presiden Indonesia periode 2009-2014. Sebelum merambah dalam dunia birokrasi dan politik, Boediono tercatat sebagai guru besar Fakultas Ekonomi UGM. Ia dikenal cakap dan brilian menangani dan memecahkan permasalahan ekonomi Indonesia hingga dipecaya dalam jabatan penting mulai dari menteri keuangan dan Gubernur Bank Indonesia dalam era Presiden Megawati. Selama menjabat Menkeu beliau berhasil membenahi bidang fiskal, masalah kurs, suku bunga dan pertumbuhan ekonomi.
Boediono lahir di Blitar, Jawa Timur, 25 Februari 1943 menikah dengan Herawati memiliki dua anak Ratriana Ekarini dan Dios Kurniawan. Gelar Master of Economics diperolehnya dari Monash University, Melbourne, Australia (1972) dan gelar doktor ekonomi di Wharton School University of Pennsylvania, AS tahun 1979. Boediono dan Sri Mulyani berhasil menstabilkan kurs rupiah pada kisaran Rp 9000-an per dolar AS dan suku bunga bank dalam posisi baik sehingga merangsang kegiatan bisnis dan dampaknya meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Pria berpenampilan kalem dan santun serta terukur berbicara itu juga dinilai mampu membuat situasi ekonomi yang kacau menjadi kondusif.

Saat baru menjabat Menkeu, langkah pertama yang dilakukan berpenampilan rapih dan low profile itu adalah menyelesaikan Letter of Intent dengan IMF yang telah disepakati sebelumnya serta mempersiapkan pertemuan Paris Club September 2001. Paris Club ini merupakan salah satu pertemuan penting karena menyangkut anggaran 2002. Setelah itu, dia bersama tim ekonomi Kabinet Gotong-Royong, secara terencana mengakhiri kerjasama dengan IMF (Dana Moneter Internasional) Desember 2003.

Departemen Keuangan di bawah kendali pria kelahiran Blitar, Jawa Timur, 25 Februari 1943, itu pun berhasil melampaui masa transisi pascaprogram IMF, yang sebelumnya sudah dia ingatkan akan sangat rawan, bukan hanya menyangkut masalah dana, tetapi juga menyangkut rasa percaya (confidence) pasar. Apalagi kala itu, Pemilihan Umum 2004 juga berlangsung. Kondisi rawan itu pun berhasil dilalui tanpa terjadi guncangan ekonomi.

Sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet Gotong Royong, ia berhasil memperbaiki keuangan pemerintah dengan sangat baik sehingga mampu membawa Indonesia lepas dari bantuan Dana Moneter Internasional. Tak heran bila majalah BusinessWeek (AS), memberi Boediono pengakuan sebagai tokoh yang kompeten di posisinya sebagai menteri keuangan. Ia dipandang sebagai salah seorang menteri yang paling berprestasi dalam Kabinet Gotong Royong.

Saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan perombakan (reshuffle) kabinet pada 5 Desember 2005, Boediono diangkat menggantikan Aburizal Bakrie menjadi Menteri Koordinator bidang Perekonomian dan mengangkat Sri Mulyani menggantikan Jusuf Anwar sebagai Menteri Keuangan. Presiden berharap Boediono akan mampu membenahi kinerja ekonomi Indonesia, terutama di sektor riil dan terkait dengan tingginya laju inflasi saat ini menyusul kenaikan harga BBM pada 1 Oktober 2005 diiringi tingginya tingkat konsumsi pada bulan puasa Ramadhan dan Lebaran November 2005. Puncak karir Boediono terjadi pada Pemilu 2009 bersama SBY terpilih menjadi wakil presiden mendampingi SBY hingga tahun 2014. 

Referensi : www.gbiografi.com
0 Komentar untuk "Biografi Prof Dr. Boediono"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info