Biografi George Eastman,Pendiri Kodak Company


George Eastem adalah seorang usahawan sukses dibidang fotografi dan pendiri perusahaan kamera Kodak Company yang hingga kini masih mendunia. Berawal dari keinginan mendokumentasikan perjalanan, Eastman akhirnya menjadi raja dalam dunia fotografi. Usahanya menyederhanakan proses dan alat-alat fotografi berujung dengna makin populernya penggunaan fotografi di abad 20. Sekarang fotografi menjadi begiktu mudah, murah, ringan dan bisa dilakukan siapa saja dengan berbagai alat sera media.

George Eastman lahir 12 Juli 1854 di kota Waterville dekat New York AS. Orang tuanya George Whasington Eastman dan Maria Kilbourn tergolong keluarga mampu. Pada usia 6 tahun keluarganya pindah ke Rochester karena ayahnya menjalankan sekolah bisnis di kota tersebut. Keluarganya kemudian jatuh miskin setelah ayahnya meninggal dunia secara mendadak. Semasa sekolah George tidak tergolong siswa yang memiliki kecerdasan luar biasa, namun ia memikul tanggung jawab besar karena harus menghidupi keluarga pasca kepergian ayahnya. Ia menjadi seorang pekerja keras menjadi kurir di perusahaan asuransi, menjadi pegawai arsip, hingga menjadi pekerja di Rochester Savings Bank.

Ia menekuni dunia fotografi secara tidak sengaja ketika berlibur bersama rekan kerjanya dan berkeinginan mendokumentasikan moment-moment liburan. Ia membawa alat-alat fotografi yang ukurannya besar, berat dan ketika dicetak belumlah sempurna seperti sekarang. Easment kemudian terus bereksperimen dalam fotografi dengan membuat laboratorium sendiri di rumahnya. Dari hasil eksperimennya, ia menemukan emulsi untuk fotografi pelat kering yang kemudian dipatenkan tahun 1880. 

Eastmen kemudian bekerjasama dengan seorang pengusaha Henry Strong untuk mengkomersilkan karyanya berupa pelat-pelat kering untuk pencetakan foto. Easmant terus bereksperimen hingga akhirnya menemukan dan menyempurnakan film serta membuat kamera yang simple, kompak dan sederhana. Pada bulan Juni 1888 ia menciptakan kamera sederhana yang diberi nama Kodak. Penemuan Kodak menjadikan pekerjaan fotografi  menjadi sederhanadan bisa dikerjakan oleh siapa saja. Kodak akhirnya bisa terjual luas dipelosok dunia dan merevolusi dunia fotografi. Ia mendirikan perusahaan kamera Kodak Company yang masih populer hingga sekarang.

Walaupun menjadi jutawan dan pesohor, Eastman tetap tampil bersahaja dan banyak menyumbangkan hartanya untuk kepentingan sosial. Dia juga sangat menghargai karyawannya dan termasuk pengusaha pertama yang membagikan keuntungan perusahaan kepada karyawan serta merancang sistem pensiun bagi karyawan. Sekitar tahun 1930-an kesehatannya menurun drastis. Tak tahan dengan penderitaan akibat menderita sakit, Ia kemudian mengundang beberapa teman dan membacakan surat wasiatnya.Kemudian tanggal 14 Maret 1932 ia meninggal dunia setelah melakukan bunuh diri. 



Referensi
Buku 100 tokoh paling berpengaruh abad 20
Penerbit Nuansa
0 Komentar untuk "Biografi George Eastman,Pendiri Kodak Company"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info