Biografi Louis Amstrong

Louis Amstrong memiliki karir yang komplit sebagai seniman music. Ia seorang oemain terompet professional, penyanyi, pentolan band hingga seorang entertaint yang populer. Amstrong berhasil menyingkirkan kemiskinan, pendidikan rendah dan warna kulit untuk menjadi musisi paling inovatif, berpengaruh dan paling dicintai di abad 20.


Nama
Louis Daniel Amstrong
Kelahiran
New Orleans AS 4 Agustus 1901
Pendidikan
Tidak tamat SD
Meninggal
New York AS 6 Juli 1971
Riwayat singkat
Memperoleh alat music cornet pertama kali tahun 1915
Bergabung dengan Band Joe Oliver di Chicago tahun 1922
Memulai rekaman di Hot Fives tahun 1925
Mengunjungi Eropa tahun 1932
Tur di afrika (1956)
Single Hello Dolly menjadi hits
Karya
Heebie Jeebies (1926), Blueberry Hills (1956), Mack and knife (1956, Hello Dolly (1964), What a wonderful world (1967)
Buku
Satchmo (autobiografi) 1956
Penghargaan
Grammy Award (1964,1974,1993)
Grammy life Achievement Award (1972)

Vokal dan instrumental karyanya banyak mempengaruhi music jazz dunia. Amstrong terkenal sebagai pionir aliran music swing yang ekmudian menjadi dasar music jazz dan R&B (Rhythem and Blues). Ia juga dikeal sebagai pemain music dan penyanyi yang bergairah, emiliki perasaan gembira dan nada-nada yang kaya.

Amstrong terlahir dalam keluarga yang sangat miskin sehingga ia tidaksampai menamatkan pendidikan dasar. Ayahnya meninggalkan keluarga pada saat Amstrong masih bayi. Ibunya yang tinggal di pemukiman kumuh di New Orleans membesarkan Amstrong dalam situasi serba kekurangan.

Bakat music Amstrong sudah terlihat sejak muda. Ia bergabung dengan suatu kuartet vocal dan mempertajam harmoni music dengan bernyanyi bersama group itu di jalanan. Sekitar tahun 1912-1914 ia menjalani masa tahanan karena kenakalan remaja di Colored Waifs. Jalan hidup Amstrong justru berkembang disini setelah ia memperoleh sebuah alat music cornet (sejenis terompet) dan bermain di band music tiup yang ada di sana. Ia kemudian secara intensif. Amstrong kemudian banyak bermain di berbagai kelompok jazz New Orleans yang tampil di kapal-kapal boat di sepanjang sungai Missisipi. Tahun 1922 Amstrong membuat rekaman pertama kalinya bersama Oliver dan band nya Creole Jazz Band di Chicago. Amstrong kemudian pindah ke New York tahun 1924 dan bergabung dengan pianis Fletcher Henderson. Ia menancapkan namanya sebagai solois terkemuka dalam gaya music jazz yang disebut hot jazz.

Amstrong mulai memimpin bandnya sendiri setelah tahun 1925. Ia juga membuat rekaman bersama para penyanyi blues ternama pada masa itu seperti Bassie Smith juga dengan kelompok yang disebut Hot Fives. Lagu-lagu yang menjadi hit antara lain Cornet Chop Suey, Big Butter and Egg Man, Potato Head Blues, West and Blues dan Weather Bird. Lagu-lagu tersebut merupakan karya yang tak lekang oleh jaman terutama dalam sejarah Jazz.

Tahun 1930-an Amstrong melakukan tur keliling Eropa dan meniti karir dalam dunia perfilman. Ia orang kulit hitam pertama yang muncul dalam film Amerika. Beberapa film yang dibintanginya antara lain Pennies from Heaven (1936), Cabin In the Sky (1943) dan New Orleans (1947).

Amstrong menjadi salah satu artis ternama yang merekam Scat singing (nyanyian improvisasi dengan suara tanpa kata-kata) dalam lagu Heebie Jeebies (1926). Melalui lagu semacam itu suara Amstrong menjadi suara yang paling terkenal di abad 20. Tahun 1964 rekaman Hello Dolly menjadi lagu nomor satu dalam tangga lagu dalam majalah Billboard menggeser lagu I Want to Hold Your Hand milik kelompok The Beatles. Tahun itu juga Amstrong mendapat penghargaan Gramy Award untuk lagu Hello Dolly.

Sepanjang hidupnya, ia telah membintangi 50 film, tampil dalam film konser jazz on a summer day (1958), film documenter Satchmo the great (1957) dan dokumentasi video Satchmo (1986). Tahun 1976 didirikan monument di New Orleans dipersembahkan kepada Lous Amstrong. Setelah meninggal ia mesih mendapatkan penghargaan Grammy Lifetime Achievement Award (1972) dan dua gelar grammy award lain (1974 dan 1993).

Diambil dari Buku
100 tokoh paling berpengaruh abad 20
Penerbit Nuansa
0 Komentar untuk "Biografi Louis Amstrong"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info