Biografi Dimitiar Berbatov


Karir Berbatov dimulai dari tempat lahirnya Blagoevgrad besama dari Pirin, sebelum ia pindah ke CSKA Sofia pada tahun 1998 dan memenangkan piala nasional pada 1999. Setelah itu, Berbatov pindah ke Bayer Leverkusen dan bermain di liga champion pada tahun 2002. Ia berhasil mencetak lebih dari 40 gol dalam dua musim terakhir dengan Leverkusen. Tahun 2006 Manajemen Hotspur kepincut dengan performa Berbatov dan berupaya merekrutnya hingga Berbatov pindah ke Tottenham dengan nilai transfer £ 10.900.000.


Kontrak tersebut menjadikannya pemain termahal di seantero Bulgaria. Dia mencetak gol pertama Spurs pada pertandingan home melawan Sheffield United pada Agustus 2006. Performa Berbatov makin melejit setelah bergabung dengan Hotspur dan ia menjadi salah satu pemain terbaik di Liga Premier dan mendapatkan penghargaan PFA. Team of the Year. Kemampuan mencetak gol membuatnya menjadi Raja White Hart Lane dengan torehan 23 gol dalam 49 pertandingan. Keistimewaan pemain asal Bulgaria ini berlanjut pada musim keduanya bersama Spurs. Dia mencetak 23 gol dalam 52 penampilan, termasuk tendangan pinalti penalti penentu kemenangan dalam final Piala Liga atas Chelsea. Berba langsung menjadi pemain incaran klub-klub selama musim 2007-08.

Biografi Dimitiar Berbatov

Nama
Dimitir Berbatov
Tanggal lahir
30 Januari 1981
Tempat lahir
Blagoevgrad, Bulgaria
Tinggi badan
1.88m
Berat badan
80.6 kg
Klub sekarang
Manchaster United
Posisi
Penyerang
Nomor punggung
9
Klub sebelumnnya
Totenham Hostpur

Melihat kecemerlangan Berbatov, Sir alex Ferguson kemudian berupaya merebutnya dari Totenham Hostpur. Klub lain yang bernafsu mendapatkan Berba adalah Manchaster City, namun dengan segala upaya United berhasil menarik Berba berseragam setan merah tanggal 1 September 2008. Berba pindah ke Manchester United menjelang masa akhir bursa transfer tanggal 1 September 2008 dengan nilai transfer mencapai rekor klub yaitu £ 30.750.000. Pada awal debutnya di MU Berba membutuhkan adaptasi cukup lama bahkan sempat mendapat kritik sebagai pemalas. Pada musim pertamanya di MU, Berba menorehkan 9 gol dan 10 asist. Saat itu Cristiano Ronaldo dan Carlos Tevez masih dalam puncak performa sehingga Berba sering dibangku cadangkan. Namun kesabaran Berba berbuah manis setelah kepindahan C Ronaldo ke Real Madrid dan Tevez ke Manchaster City tahun 2009. Berba akhirnya menjadi andalan lini depan united bersama Wayne Rooney.

Di Tim Nasional Bulgaria, dia telah melakukan debutnya sejak usia 18 tahun dan menjadi salah satu pemain yang paling produktif. Selama dekade 2000-2010 Berbatov menjadi bintang di tim nasional Bulgaria dengan mencetak rekor penyumbang goal terbanyak. Ia akhirnya mundur dari tim nasional tahun 2010.
0 Komentar untuk "Biografi Dimitiar Berbatov"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info