Biografi Lee byung chull, Pendiri Samsung

Lee Byung-chull adalah pendiri raksasa elektronik Korea Selatan Samsung. Lee berasal dari keluarga kaya lahir 12 Februari 1910 dan meninggal 19 November 1987 pada usia 77 tahun. Sebelum mendirikan Samsung electronic, Lee membuka usaha penggilingan padi namun tidak berkembang. Ia kemudian beralih membangun usaha eksportir ikan, sayuran dan buah-buahan ke Cina. Usahanya ini berkembang pesat hingga ia memindahkan kantornya ke Seoul tahun 1947. 
Setelah perang Korea pecah, Ia meinggalkan Seoul dan membangun pabrik gula pertama di Korea Selatan di kota Busan yang diberi nama Cheil Jedang. Tahun 1954 pasca perang Korea, Ia berekspansi membangun perusahaan wol di daerah Chimsan-dong, Daegu. Perusahaan ini kemudian berkembang menjadi pabrik wol terbesar di Korea. Ekspansinya terus berlanjut dengan mendirikan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan, produksi bahan kimia, hingga pembuatan kapal. Samsung kemudian menggurita merambah bidang elektronik di akhir tahun 1960. Produk pertama Samsung saat itu adalah televisi hitam-putih. Pada tahun 1969, Samsung Electronics memproduksi apa yang paling dikenal dari Samsung Samsung saat ini yaitu Televisi, Mobile Phones (sepanjang 90-an), Radio, komponen Komputer dan perangkat elektronik lainnyaUntuk efektifitas produksi manajemen perusahaan kemudian dibagi menjadi beberapa divisi yang bertanggungjawab terhadap produk tertentu diantaranya Electronics Co Devices, Samsung Electro-Mekanika Co, Samsung Corning Co, dan Samsung Semiconductor & Telecommunications Co. Setelah Samsung diakuisisi Hanguk tongsin jeonja di Gumi tahun 1980, perusahaan ini kemudian mengembangkan produk dibidang telekomunikasi dengan produk awal switchboards. Produk ini kemudian berkembang dengan memproduksi telepon,faks, dan akhirnya berkembang menjadi Samsung's mobile phone manufacturing. Dari pabrik tersebut Samsung telah menghasilkan lebih dari 0,8 miliar ponsel sampai sekarang.

Pada dekade 1980-an Samsung telah menjadi perusahan manufaktur dan distributor berbagai peralatan dan produk elektronik di seluruh dunia. Awal tahun 1990 Samsung Electronics banyak melakukan investasi dan pengembangan usaha hingga menjadi perusahaan elektronik dengan skala internasional. Untuk merambah pasar di berbagai benua, Samsung membangun cabang produksi di Portugal, New York (Amerika Serikat), Inggris, Jerman, Thailand, Meksiko, Spanyol dan Cina sampai 1997.
Referensi: wikipedia.org
0 Komentar untuk "Biografi Lee byung chull, Pendiri Samsung"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info