Biografi Oprah Winfrey

Oprah Winfrey adalah tokoh populer di dunia entertainment. Ia seorang host televisi di Amerika, aktris, produser dan filantropis. Oprah Gail Winfrey lahir 29 Januari 1954, di Kosciusko, Mississippi. Pada usia remaja ia mengalami pelecehan seksual yang dilakukan sejumlah kerabat dan teman-teman laki-laki ibunya, Vernita. Ia kemudian pindah ke Nashville dan tinggal bersama ayahnya, Vernon, seorang tukang cukur dan pengusaha. Dia memasuki Tennessee State University pada tahun 1971 dan mulai bekerja di siaran radio dan televisi di Nashville.

Pada tahun 1976, Winfrey pindah ke Baltimore, dan menjadi host TV chat show, People Are Talking. Acara ini menjadi hit dan Winfrey menekuninya selama delapan tahun. Ssetelah itu ia direkrut sebuah stasiun TV Chicago untuk menjadi host di acara AM Chicago. Pesaing utama nya waktu itu Phil Donahue. Dalam beberapa bulan, Winfrey mulai terlihat kepribadiannya yang ramah tamah sehingga mampu memikat 100.000 lebih pemirsa televisi. Keberhasilannya membuatnya populer di seantero Amerika sehingga mendapat peran dalam film Steven Spielberg The Color Purple tahun 1985 . Ia dinominasikan dalam Academy Award untuk Aktris Pendukung Terbaik.

Pada tahun 1986 Winfrey meluncurkan program nasional sindikasi bertajuk Oprah Winfrey Show yang disiarkan di 120 saluran televisi serta mendapat perhatian sekitar 10 juta penonton. Program ini menghasilkan keuntungan $ 125.000.000 pada akhir tahun pertama, Winfrey menerima $ 30 juta. Dia segera mendapat hak kepemilikan program dari ABC, gambar di bawah kontrol perusahaan produksi barunya, Harpo Productions ('Oprah' dieja terbalik).

Proyek film The Women of Brewster Place mendapatkan rating tertinggi untuk kategori miniseri TV tahun 1989. Dia juga membintangi in Winfrey dan mengadakan kontrak multi-gambar dengan Disney.Namun proyek film di awal 1998 yang mengambil cerita novel Toni Morrison yang dibintanginya bersama Danny Glover gagal memenuhi harapan. Kini acara talk show Aprah Winfrey tidak saja populer di Amresika, namun juga di berbagai belahan dunia.
0 Komentar untuk "Biografi Oprah Winfrey"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info