Biografi Guglielmo Marconi

Guglielmo Marconi lahir di Bologna, Italia, pada tanggal 25 April, 1874 putra kedua dari Giuseppe Marconi, seorang pria negara Italia, dan Annie Jameson, putri Andrew Jameson Daphne Castle di Wexford County, Irlandia. Ia dididik secara pribadi di Bologna, Florence dan Leghorn. Bahkan sebagai seorang anak ia mengambil minat dalam ilmu fisik dan listrik dan mempelajari karya-karya Maxwell, Hertz, Righi, Lodge dan lainnya. Pada tahun 1895 ia mulai percobaan laboratorium di rumah pedesaan ayahnya di Pontecchio mana ia berhasil mengirimkan sinyal nirkabel dengan jarak satu setengah mil.



Pada tahun 1896 Marconi mengambil aparat ke Inggris di mana dia diperkenalkan kepada Mr (kemudian Sir) William Preece, Engineer-in-Kepala Kantor Pos, dan akhir tahun yang memberikan paten pertama di dunia untuk suatu sistem telegrafi nirkabel. Dia menunjukkan sistemnya dengan sukses di London, pada Salisbury Plain dan melintasi Selat Bristol, dan pada Juli 1897 dibentuk The Telegraph & Wireless Signal Company Limited (pada tahun 1900 kembali bernama Marconi Wireless Telegraph Company Limited). Pada tahun yang sama ia memberikan demonstrasi kepada Pemerintah Italia di Spezia mana sinyal nirkabel dikirim lebih dari jarak dua belas mil. Pada tahun 1899 ia mendirikan komunikasi nirkabel antara Perancis dan Inggris di Selat Inggris. Dia mendirikan stasiun nirkabel permanen di The Needles, Isle of Wight, di Bournemouth dan kemudian di Hotel Haven, Poole, Dorset.

Pada tahun 1900 ia mengeluarkan paten terkenal No 7777 untuk "telegrafi tuned atau syntonic" dan, pada hari bersejarah pada bulan Desember 1901, bertekad untuk membuktikan bahwa gelombang nirkabel tidak terpengaruh oleh kelengkungan bumi, ia menggunakan sistemnya untuk transmisi nirkabel sinyal pertama melintasi Atlantik antara Poldhu, Cornwall, dan St John, Newfoundland, yang berjarak 2100 mil.

Antara 1902 dan 1912 ia mematenkan beberapa penemuan baru. Pada tahun 1902, selama perjalanan di kapal Amerika "Philadelphia", ia pertama menunjukkan "efek siang hari" relatif terhadap komunikasi nirkabel dan pada tahun yang sama dipatenkan detektor magnetik-nya yang kemudian menjadi penerima nirkabel standar untuk beberapa tahun. Pada bulan Desember 1902 ia dikirim pesan lengkap pertama yang Poldhu dari stasiun di Glace Bay, Nova Scotia, dan kemudian Cape Cod, Massachusetts, tes-tes awal yang berpuncak pada tahun 1907 dalam pembukaan layanan transatlantik komersial pertama antara Glace Bay dan Clifden, Irlandia, setelah layanan yang lebih pendek jarak jauh pertama publik telegrafi nirkabel telah didirikan antara Bari di Italia dan Avidari di Montenegro. Pada 1905 ia mematenkan udara horisontal arah dan pada tahun 1912 sebuah "waktunya percikan" sistem untuk menghasilkan gelombang kontinyu.

Pada tahun 1914 ia ditugaskan di Angkatan Darat Italia sebagai Letnan yang kemudian dipromosikan menjadi Kapten, dan pada tahun 1916 dipindahkan ke Angkatan Laut di pangkat Komandan. Dia adalah anggota dari misi Pemerintah Italia ke Amerika Serikat pada 1917 dan pada 1919 diangkat delegasi berkuasa penuh Italia untuk Konferensi Perdamaian Paris. Dia dianugerahi Medali Militer Italia pada 1919 sebagai pengakuan atas perang layanan.

Selama perang layanan di Italia ia kembali ke investigasinya gelombang pendek, yang telah digunakan dalam percobaan pertamanya. Setelah pemeriksaan lebih lanjut oleh rekan-rekannya di Inggris, serangkaian intensif percobaan dilakukan pada tahun 1923 antara instalasi eksperimen di Stasiun Poldhu dan di kapal pesiar Marconi "Elettra" jelajah di Atlantik dan Mediterania, dan ini menyebabkan pembentukan sistem balok untuk jarak jauh komunikasi. Proposal untuk menggunakan sistem ini sebagai sarana komunikasi Imperial diterima oleh Pemerintah Inggris dan stasiun balok pertama, menghubungkan Inggris dan Kanada, dibuka pada 1926, stasiun lain akan ditambahkan tahun berikutnya.

Pada tahun 1931 Marconi mulai penelitian ke dalam karakteristik propagasi gelombang masih lebih pendek, sehingga pembukaan pada 1932 microwave link pertama di dunia telepon radio antara Kota Vatikan dan kediaman musim panas Paus di Castel Gandolfo. Dua tahun kemudian di Sestri Levante ia menunjukkan sinyal microwave radio untuk kapal navigasi dan pada tahun 1935, sekali lagi di Italia, memberikan demonstrasi praktis dari prinsip-prinsip radar, kedatangan yang pertama kali diramalkan dalam ceramah kepada American Institute of Radio Insinyur di New York pada 1922.

Dia telah menjadi penerima gelar doktor kehormatan dari beberapa universitas dan banyak penghargaan internasional lainnya dan penghargaan, di antaranya Hadiah Nobel untuk Fisika, yang pada tahun 1909 ia berbagi dengan Profesor Karl Braun, Medali Albert dari Royal Society of Arts, Fritz John Medal dan Medali Kelvin. Ia dihiasi oleh Tsar dari Rusia dengan Ordo St Anne, Raja Italia menciptakannya Panglima Ordo St Maurice dan St Lazarus, dan diberikan kepadanya Grand Lintas dari Orde Mahkota Italia pada 1902. Marconi juga menerima kebebasan Kota Roma (1903), dan telah dibuat Chevalier Orde Sipil dari Savoy pada tahun 1905. Perbedaan lain dari jenis ini diikuti. Pada tahun 1914 ia baik menciptakan Senatore di Senat Italia dan aplikasi ointed Kehormatan Ksatria Grand Cross Orde Victoria Royal di Inggris. Dia menerima gelar turun-temurun dari Marchese pada tahun 1929.

Pada 1905 ia menikah Hon tersebut. Beatrice O'Brien, putri dari Inchiquin Baron 14, pernikahan yang dibatalkan pada tahun 1927, dimana tahun ia menikah dengan Countess Bezzi-Scali Roma. Dia punya satu anak dan dua anak perempuan oleh anak perempuannya yang pertama dan satu demi istri keduanya. Rekreasi Nya berburu, bersepeda dan otomotif.

Referensi :

http://www.nobelprize.org/nobel_prizes/physics/laureates/1909/marconi-bio.html (Diterjemahkan Oleh WAHYU RAHMAT HIDAYAT)
0 Komentar untuk "Biografi Guglielmo Marconi"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info