Biografi Susi Pudjiastuti - Menteri Kelautan dan Perikanan

Nama tokoh satu ini memang cukup fenomenal di nusantara, mengapa demikian, susi dikenal dengan sosok yang nyentrik atau gaul banyak orang menamakanya dengan menteri rock n rol, karena penampilanya yang bisa dibilang cukup gaul. Susi Pudjiastuti wanita bertato dan perokok ini lahir tanggal 15 Januari 1956 di Pangandaran beliau terpilih menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019 yang ditunjuk langsung oleh bapak Presiden kita yaitu Pak Joko Widodo. Selain menteri Susi Pudjiastuti juga seorang pengusaha pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product.

Susi Pudjiastuti  lahir dari kedua orang tuanya yang ayahnya bernama Haji Ahmad Karlan dan ibunya bernama Hajjah Suwuh Lasminah, Orang tua beliau semuanya berasal dari Jawa Tengah, namun saat ini belai tinggal di Pangandaran. Usaha yang dijalankan keluarganya adalah usaha ternak, beliau memperjualbelikan ratusan ternak dari Jawa Tengah untuk diperdagangkan di Jawa Barat. Susi juga ternyata bisa kita bilang siswa  agak bandel sewaktu duduk dibangku sma dulu, mengapa demikian, iya karena Bu Susi Pudjiastuti duduk di SMA Negeri 1 Yogyakarta, saat di kelas 2 karena dikeluarkan dari sekolah akibat keaktifannya dalam gerakan Golput.

Seputus sekolah, Susi menjual perhiasannya dan mengumpulkan modal Rp.750.000 untuk menjadi pengepul ikan di Pangandaran pada tahun 1983 Bisnisnya berkembang hingga pada tahun 1996 Susi mendirikan pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan berupa lobster yang diberi merek "Susi Brand." Bisnis pengolahan ikan ini pun meluas dengan pasar hingga ke Asia dan Amerika. Karena hal ini, susi memerlukan sarana transportasi udara yang dapat dengan cepat mengangkut produk hasil lautnya dalam keadaan masih segar.

Susi Pudjiastuti ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla, yang ditetapkan secara resmi pada 26 Oktober 2014. Sebelum dilantik, Susi melepas semua posisinya di perusahaan penerbangan Susi Air dan beberapa posisi lainnya, termasuk Presiden Direktur PT. ASI Pudjiastuti yang bergerak di bidang perikanan serta PT ASI Pudjiastuti Aviation yang bergerak di bidang penerbangan untuk menghindari konflik kepentingan antara dirinya sebagai menteri dan sebagai pemimpin bisnis.

Penghargaan Susi Pudjiastuti

  • Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004
  • Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005
  • Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 dari Presiden Republik Indonesia. Tahun 2006
  • Metro TV Award for Economics-2006,
  • Inspiring Woman 2005 dan Eagle Award 2006 dari Metro TV, Indonesia
  • Berprestasi Award dari PT Exelcomindo
  • Sofyan Ilyas Award dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2009
  • Ganesha Widyajasa Aditama Award dari ITB, 2011
  • Award for Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy, APEC, 2011
  • Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan, dari Gubernur Jawa Barat, 2008
Bagaimana komentar anda tentang Biografi Susi Pudjiastuti - Menteri Kelautan dan Perikanan semoga Susi Pudjiastuti mampu menjalankan amanahnya sebagai menteri kelautan dan perikanan hingga masa jabatanya berakhir.

0 Komentar untuk "Biografi Susi Pudjiastuti - Menteri Kelautan dan Perikanan"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info