Biografi Lech Walesa - Tokoh Solidaritas Polandia


Biografi Lech Walesa - Tokoh Solidaritas Polandia. Lech Walesa, anak seorang petani petani, lahir di Popowo, Polandia, pada tanggal 29 September, 1943. Setelah meninggalkan sekolah ia bekerja sebagai montir mobil. Pada tahun 1967 Walesa pindah ke Gdansky mana ia menjadi seorang tukang listrik di Galangan Kapal Lenin.

Walesa aktif dalam gerakan serikat buruh dan selama perselisihan industri pada tahun 1970 ia menjadi ketua komite pemogokan galangan kapal. Pada tahun 1976 kehilangan pekerjaannya sebagai akibat dari kegiatan serikatnya perdagangan dan untuk beberapa tahun ke depan harus mencari nafkah dengan mengambil pekerjaan sementara.

Walesa terus melibatkan diri dalam mengorganisir gratis non-komunis serikat buruh dan pada tahun 1980, bersama dengan beberapa temannya, yang didirikan Solidarnosc (Solidaritas). Tak lama sebelum organisasi memiliki 10 juta anggota dan Walesa adalah pemimpin diperdebatkan nya.


Pada bulan Agustus 1980 Walesa memimpin pemogokan galangan kapal Gdansk yang memunculkan gelombang serangan lebih banyak negara. Walesa, seorang Katolik yang taat, setia mengembangkan dan otoritas komunis dipaksa untuk menyerah. Kesepakatan Gdansk, ditandatangani pada 31 Agustus 1980, memberikan pekerja Polandia hak untuk mogok dan mengorganisir serikat independen mereka sendiri.

Pada tahun 1981 Jenderal Wojciech Jaruzelski, digantikan Edward Gierek sebagai pemimpin Partai Komunis di Polandia. Pada bulan Desember 1981, Jaruzelski memberlakukan darurat militer dan Solidarnosc ditetapkan sebagai organisasi ilegal. Tak lama kemudian Walesa dan pemimpin serikat buruh lainnya ditangkap dan dipenjarakan.

Pada bulan November 1982 Walesa dibebaskan dan diizinkan untuk bekerja di galangan kapal Gdansk. Hukum darurat militer dicabut pada Juli 1983, namun masih ada pembatasan yang cukup besar pada kebebasan individu. Belakangan tahun itu, dalam pengakuan atas peran yang dimainkannya dalam revolusi tanpa kekerasan Polandia, Walesa dianugerahi Nobel Perdamaian.

Reformis di Polandia dibantu oleh kenyataan bahwa Mikhail Gorbachev telah memperoleh kekuasaan di Uni Soviet. Pada tahun 1986 Gorbachev menegaskan ia tidak akan lagi ikut campur dalam kebijakan dalam negeri negara lain di Eropa Timur. Wojciech Jaruzelski sekarang dipaksa untuk bernegosiasi dengan Walesa dan gerakan serikat buruh. Hal ini mengakibatkan pemilihan parlemen dan pemerintahan non-komunis dan pada tahun 1989 Solidarnosc menjadi organisasi hukum.

Pada Desember 1990 Walesa terpilih sebagai Presiden Republik Polandia. Dia tidak sukses dan pengkritiknya mengklaim ia mengembangkan gaya otoriter dalam menjalankan negara. Perilakunya tidak menentu dan dia dikritik karena hubungan dekat dengan militer dan keamanan. Pada bulan November 1995 Walesa dikalahkan oleh bekas komunis, Aleksander Kwasniewski.

Biografi Lech Walesa


Aku berasal dari sebuah bangsa yang selama berabad-abad terakhir telah mengalami banyak kesulitan dan membalikkan. Dunia bereaksi dengan diam atau dengan simpati belaka ketika perbatasan Polandia disilangkan dengan menyerang tentara dan negara berdaulat harus mengalah dengan kekuatan brutal. Sejarah nasional kami telah begitu sering kami dengan penuh kepahitan dan perasaan tidak berdaya. Tapi ini, di atas semua, pelajaran besar dengan harapan. Berterima kasih untuk penghargaan saya ingin, pertama-tama, untuk mengungkapkan rasa terima kasih saya dan keyakinan saya bahwa ia berfungsi untuk meningkatkan harapan Polandia. Harapan bangsa yang sepanjang abad kesembilan belas belum sejenak mendamaikan dirinya dengan hilangnya kemerdekaan, dan berjuang untuk kebebasan sendiri, berjuang pada saat yang sama untuk kebebasan bangsa lain. Harapan yang elations dan downfalls selama empat puluh tahun terakhir - yaitu rentang hidup saya sendiri - telah ditandai dengan tanggal mengesankan dan dramatis: 1944 1956, 1970, 1976, 1980.

Dan jika saya mengizinkan diri saya pada saat ini dan pada kesempatan ini lagi kehidupan saya sendiri, itu karena saya percaya bahwa hadiah telah diberikan kepada saya sebagai satu dari banyak.
Pemuda saya meninggal pada saat rekonstruksi di negara itu dari reruntuhan dan abu dari perang di mana bangsa saya tidak pernah membungkuk pada musuh membayar harga tertinggi dalam perjuangan. Aku berasal dari generasi pekerja yang, lahir di desa dan dusun pedesaan Polandia, memiliki kesempatan untuk memperoleh pendidikan dan mencari pekerjaan di industri, menjadi dalam perjalanan sadar akan hak dan kepentingan dalam masyarakat. Mereka adalah tahun kebangkitan aspirasi pekerja dan petani, tetapi juga tahun banyak kesalahan, degradasi dan ilusi hilang. Saya hampir tidak 13 tahun ketika, pada bulan Juni 1956, perjuangan putus asa para pekerja dari Poznan untuk roti dan kebebasan ditekan dalam darah. Tiga belas juga adalah anak - Romek Strzalkowski - yang tewas dalam perjuangan. Itu adalah "Solidaritas" serikat yang 25 tahun kemudian menuntut upeti harus dibayar kepada ingatannya. Pada bulan Desember 1970 ketika demonstrasi protes pekerja melanda kota-kota pantai Baltik, saya adalah seorang pekerja di Galangan Kapal Gdansk dan salah satu penyelenggara pemogokan. Memori teman-teman sekerjaku yang kemudian tewas, memori pahit kekerasan dan keputusasaan telah menjadi bagi saya sebuah pelajaran tidak akan pernah terlupakan.

Beberapa tahun kemudian, pada bulan Juni 1976, pemogokan para pekerja di Ursus dan Radom adalah pengalaman baru yang tidak hanya memperkuat keyakinan saya dalam kebenaran tuntutan rakyat pekerja dan aspirasi, tetapi juga menunjukkan kebutuhan mendesak untuk solidaritas mereka. Keyakinan ini membawa saya, pada musim panas 1978, dengan Serikat Buruh Bebas - dibentuk oleh sekelompok orang berani dan berdedikasi yang keluar dalam membela hak buruh dan martabat. Pada bulan Juli dan Agustus tahun 1980 gelombang serangan menyapu seluruh Polandia. Isu yang dipertaruhkan saat itu sesuatu yang jauh lebih besar dari kondisi-kondisi material hanya eksistensi. Jalan hidup saya telah, pada saat perjuangan, membawa saya kembali ke galangan kapal di Gdansk. Seluruh negeri telah bergabung dengan para pekerja dari Gdansk dan Szczecin. Perjanjian dari Gdansk, Szczecin dan Jastrzębie akhirnya ditandatangani dan "Solidaritas" serikat telah demikian terwujud.
Serangan besar Polandia, yang saya baru saja diucapkan, adalah peristiwa yang bersifat khusus. Karakter mereka ditentukan di satu sisi oleh keadaan mengancam di mana mereka ditahan dan, di sisi lain, dengan tujuan mereka. Para buruh Polandia yang berpartisipasi dalam aksi mogok, sebenarnya mewakili bangsa.

Saat mengingat jalan saya sendiri hidup saya tidak bisa tidak berbicara tentang kebencian, kekerasan dan kebohongan. Sebuah pelajaran diambil dari pengalaman semacam itu, bagaimanapun, adalah bahwa kita dapat secara efektif menentang kekerasan hanya jika kita sendiri tidak memakai itu.

Dalam sejarah singkat dari tahun-tahun penuh peristiwa, Perjanjian Gdansk berdiri sebagai sebuah piagam besar hak-hak rakyat pekerja yang tak ada yang bisa menghancurkan. Berbohong pada akar perjanjian sosial tahun 1980 adalah keberanian, rasa tanggung jawab, dan solidaritas rakyat pekerja. Kedua pihak kemudian diakui bahwa kesepakatan yang harus dicapai jika pertumpahan darah adalah untuk dicegah. Perjanjian ditandatangani kemudian telah dan akan tetap menjadi model dan satu-satunya metode untuk diikuti, satu-satunya yang memberikan peluang untuk menemukan jalan tengah antara penggunaan kekuatan dan perjuangan harapan. Perusahaan keyakinan kita bahwa kita adalah tujuan yang benar dan bahwa kita harus menemukan cara damai untuk mencapai tujuan kita memberi kita kekuatan dan kesadaran akan batasan-batasan yang kita tidak harus pergi. Apa sampai saat itu tampaknya mustahil untuk mencapai memiliki menjadi fakta kehidupan. Kami telah memenangkan hak untuk berserikat dalam serikat buruh independen dari pihak berwenang, didirikan dan dibentuk oleh rakyat pekerja sendiri.

Persatuan kita - yang "Solidaritas" - telah berkembang menjadi gerakan yang kuat untuk pembebasan sosial dan moral. Orang-orang dibebaskan dari belenggu ketakutan dan apatis, menyerukan reformasi dan perbaikan. Kami berjuang perjuangan sulit bagi keberadaan kita. Itu dan masih merupakan kesempatan besar bagi seluruh negeri. Saya berpikir bahwa itu ditandai juga jalan yang akan diambil oleh pemerintah, jika mereka memikirkan negara yang diatur dalam kerjasama dan partisipasi dari semua warga negara. "Solidaritas", sebagai gerakan serikat pekerja, tidak mencapai kekuasaan, juga tidak berbalik melawan tatanan konstitusional yang mapan.

Selama 15 bulan tidak ada keberadaan hukum "Solidaritas itu" tewas atau terluka akibat kegiatannya. Gerakan kami diperluas dengan pesat. Tapi kami terpaksa melakukan perjuangan tanpa hak-hak kami dan kebebasan kegiatan sementara pada saat yang sama memaksakan atas diri kita tidak dapat dihindari diri keterbatasan. Program gerakan kami berasal dari hukum moral yang mendasar dan ketertiban. Satu-satunya sumber dan dasar dari kekuatan kita adalah solidaritas buruh, petani dan kaum intelektual, solidaritas bangsa, solidaritas orang-orang yang berusaha untuk hidup bermartabat, kebenaran, dan selaras dengan hati nurani mereka.

Biarkan tabir diam jatuh saat ini atas apa yang terjadi setelah itu. Diam juga bisa berbicara.

Satu hal, bagaimanapun, harus dikatakan di sini dan sekarang pada kesempatan ini serius: orang-orang Polandia belum ditundukkan mereka juga tidak pernah memilih jalan kekerasan dan pertumpahan darah berkenaan dgn pembunuhan saudara.

Kami tidak akan menyerah pada kekerasan. Kita tidak boleh dicabut kebebasan serikat. Kami tidak akan pernah setuju dengan mengirim orang ke penjara karena keyakinan mereka. Gerbang penjara harus dilemparkan terbuka dan orang dihukum karena membela buruh dan hak-hak sipil harus dibebaskan. Uji coba mengumumkan sebelas anggota terkemuka gerakan kita tidak boleh diadakan. Semua mereka yang sudah dijatuhi hukuman atau masih menunggu uji coba untuk kegiatan serikat mereka atau keyakinan mereka - harus kembali ke rumah mereka dan diizinkan untuk tinggal dan bekerja di negara mereka.

Membela hak-hak kita dan martabat kita, serta upaya untuk tidak pernah membiarkan diri kita dikuasai oleh rasa kebencian - ini adalah jalan yang telah kita pilih.

Pengalaman Polandia, yang Hadiah Nobel Perdamaian telah dimasukkan ke dalam pusat perhatian, telah menjadi, sulit yang dramatis. Namun, saya percaya bahwa terlihat untuk masa depan. Hal-hal yang telah terjadi dalam hati nurani manusia dan kembali berbentuk sikap manusia tidak dapat dilenyapkan atau hancur. Mereka ada dan akan tetap.

Kami adalah ahli waris dari mereka berkat aspirasi nasional yang rakyat kita tidak pernah bisa dibuat menjadi massa lembam tanpa kehendak mereka sendiri. Kami ingin hidup dengan keyakinan bahwa hukum berarti hukum dan keadilan berarti keadilan, bahwa kerja keras kami memiliki arti dan tidak terbuang, bahwa budaya kita tumbuh dan berkembang dalam kebebasan.

Sebagai bangsa kita memiliki hak untuk memutuskan urusan kita sendiri, untuk membentuk masa depan kita sendiri. Ini tidak menimbulkan bahaya bagi siapa pun. Bangsa kita sangat menyadari tanggung jawab untuk nasib sendiri dalam situasi yang rumit dari dunia kontemporer.

Meskipun segala sesuatu yang telah terjadi di negara saya selama dua tahun terakhir, saya masih yakin bahwa kita memiliki alternatif selain untuk mencapai kesepakatan, dan bahwa masalah-masalah sulit yang sekarang menghadapi Polandia dapat diselesaikan hanya melalui dialog yang nyata antara otoritas negara dan rakyat.

Referemsi : Buku 100 TOKOH ABAD KE - 20 PENERBIT NUANSA
                  http://www.spartacus.schoolnet.co.uk/POLwalesa.htm


1 Komentar untuk "Biografi Lech Walesa - Tokoh Solidaritas Polandia"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info