Biografi Terbaru

Biografi Rosa Parks

Biografi Rosa Parks
Nama Lengkap : Rosa Louise McCauley Parks
Tanggal Lahir : February 4, 1913 – October 24, 2005

Rosa Parks adalah orang Afrika-Amerika aktivis hak sipil, yang Kongres AS yang disebut "wanita pertama dari hak-hak sipil", dan "ibu dari gerakan kemerdekaan.

Pada tanggal 1 Desember 1955 di Montgomery, Alabama, Taman menolak untuk mematuhi perintah sopir bus James Blake bahwa dia menyerahkan kursinya untuk memberikan ruang bagi penumpang putih. Taman aksi 'bukan yang pertama dari jenisnya untuk dampak masalah hak-hak sipil, dan telah ada orang lain, termasuk Lizzie Jennings pada 1854, Homer Plessy pada tahun 1892, Irene Morgan pada tahun 1946, Louise Sarah Tombol pada tahun 1955 dan Claudette Colvin, pada Sistem bus yang sama sembilan bulan sebelum Parks, yang telah mengambil langkah-langkah serupa. Tapi pembangkangan sipil Taman 'memiliki efek memicu boikot Bus Montgomery.
Taman tindakan 'pembangkangan menjadi simbol penting dari Gerakan Hak Sipil dan Taman modern yang menjadi ikon internasional ketahanan terhadap segregasi rasial. Dia terorganisir dan berkolaborasi dengan para pemimpin hak-hak sipil, termasuk pemimpin boikot Martin Luther King, Jr, membantu untuk meluncurkan dia untuk keunggulan nasional dalam gerakan hak-hak sipil.
Pada saat tindakannya, Parks sekretaris bab Montgomery dari Asosiasi Nasional untuk Kemajuan Orang Kulit Berwarna (NAACP) dan baru-baru menghadiri Sekolah Highlander Folk, pusat Tennessee untuk hak-hak pekerja dan kesetaraan ras. Meskipun demikian, ia mengambil tindakan sebagai seorang warga negara swasta "lelah menyerah". Meskipun secara luas dihormati di tahun kemudian untuk tindakan, dia menderita untuk itu, kehilangan pekerjaannya sebagai penjahit di sebuah department store lokal. Akhirnya, ia pindah ke Detroit, Michigan, di mana ia menemukan pekerjaan yang sama. Dari 1965-1988 ia menjabat sebagai sekretaris dan resepsionis untuk Afrika-Amerika Perwakilan AS John Conyers. Setelah pensiun dari posisi ini, dia menulis otobiografi dan hidup sebagian besar swasta di Detroit. Pada tahun-tahun terakhirnya dia menderita demensia, dan menjadi terlibat dalam gugatan hukum diajukan atas nama melawan Amerika hip-hop OutKast duo.
Taman akhirnya menerima banyak penghargaan mulai dari Medali Spingarn 1979 ke Presidential Medal of Freedom, Medali Emas Kongres dan patung anumerta di Hall patung Nasional Amerika Serikat Capitol itu. Kematiannya pada tahun 2005 adalah sebuah cerita utama di surat kabar Amerika Serikat terkemuka. Dia diberikan kehormatan anumerta berbaring di kehormatan pada Capitol Rotunda.



Sumber : wikipedia.org

0 Response to "Biografi Rosa Parks"

Post a Comment