Biografi Marco Simoncelli

Biografi Marco Simoncelli. Awal karir Marco Simoncelli atau yang lebih dikenal dengan nama Simoncelli di ajang Italian Minimoto Championship. Ketika itu, Simoncelli masih sangat muda yaitu berusia 9 tahun. Tahun 2001 ia pun hengkang ke ajang European 125cc dan mengamankan titel juara di tahun 2002. Nah, tahun 2002 inilah, ia kemudian memulai karirnya di ajang Grand Prix. Selama tiga tahun ia di kelas GP125cc, namun Simoncelli hanya mampu meraih hasil terbaik di posisi kelima pada tahun 2005. sukses menang sebanyak tiga kali dan tujuh kali naik podium dari 50 kali tampil.


Pembalap yang terkenal dengan sikap garangnya ketika melintasi di area balapnya. Namun penampilan Simoncelli tidak akan pernah kita lihat lagi.

Sementara tahun 2006 di kelas GP250cc, ia menjadi satu-satunya pembalap tim Gilera yang mampu menunjukkan hasil terbaik di ajang ini. Yaitu menjadi juara dunia di tahun 2008 dengan 280 poin. Simoncelli berhasil memenangi 12 laga dan 22 podium dari 64 serie yang diikutinya.  Namun pada tahun 2009, Simoncelli tidak mampu sesukses seperti sebelumnya, sampai pada akhirnya tahun 2009 Simoncelli harus puas berada di urutan ketiga klasemen. Hasil ini yang membuat tim Honda Gresini tertarik untuk merekrutnya di ajang MotoGP World Championship pada tahun 2010 lalu. Ia pun mampu memperlihatkan hasil yang bagus sebagai pembalap rookie.  Hasil terbaik yang bisa ditorehkan oleh pembalap asal Italia itu, adalah posisi keempat di MotoGP Portugal 2010.

Namun sayang karir Simoncelli berakhir di tahun 2011 di ajang seri MotoGP Malaysia 2011 di Sirkuit Sepang, Kuala Lumpur pada tanggal 23 Oktober. Simoncelli terlibat kecelakaan bersama Colin Edwards saat berada di posisi keempat pada putaran kedua. Simoncelli terjatuh ketika sedang berbelok di tikungan ke-11 Sirkuit Sepang dan tertabrak oleh motor Edwards. Edwards juga terjatuh namun hanya mengalami patah tulang bahu, sementara Simoncelli berbaring diam di lintasan sesaat setelah kecelakaan dengan helmnya terlepas dalam insiden itu. Setelah insiden tersebut, perlombaan dihentikan dan Simoncelli langsung dibawa ke pusat medis Sirkuit Sepang. Pada pukul 16.56 waktu setempat, Simoncelli dinyatakan meninggal dunia karena luka serius yang dideritanya. Pembalap kelahiran 20 Januari 1987, Cattolica, Italia,  ini memang sering menampilkan aksi berbahaya ketika akan berusaha menyalip lawan didepannya.
0 Komentar untuk "Biografi Marco Simoncelli"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info