Biografi Robert Peary


Robert Peary adalah penjelajah dunia berkebangsaan Amerika Serikat yang terkenal sebagai penakluk kutub utara. Setelah berkali-kali gagal dalam ekspedisi ke kutub utara, ia akhirnya sukses mencapai titik kutub utara tahun 1909 dan tercatat sebagai ekspedisi yang terhebat dalam sejarah. Peary bernama lengkap Robert Edwin Peary, lahir di Cresson Pennsylvania 1856 dan meninggal tahun 1920. Ia berlatar belakang pendidikan Bowdoln College dan menjadi insinyur sipil di Angkatan Laut Amerika Serikat.

Berkaitan dengan pekerjaannya, ia ikut dalam survei Kanal Nicaragua rahun 1884 dan 1885 serta ikut dalam eksplorasi Greenland tahun 1886. Ia melakukan 7 ekspedisi ke kutub, menemukan pantai timur laut Greenland serta menamainya Independence Bay setelah melakukan perjalanan sepanjang 800 Km menyeberangi puncak Pulau Greenland. Tahun 1895 ia berhasil mencapai wilayah paling utara yang kini di kenal sebagai Peary Land. Tahun 1900 Peary mencapai titik paling utara Green Land yang kini disebut Tanjung Morris Jesup. Peary membuktikan bahwa Greenland lebih pantas di sebut pulau daripada benua dan puncak es Greenland tidak lebih jauh dari garisn lintang 82o.Dia juga memberi sumbangan kepada dunia etnologi Inult (Eskimo). Antar tahun 1898 dan 1902 Peary sibuk dalam survei pantai utara Greenland. Tahun 1902, 1905 dan 1906 ia gagal mencapai titik kutub utara. Ekspedisi terus dilanjutkan hingga tanggal 6 September 1909 ia mengumumkan penemuan titik kutub utara dan setelah diteliti ternyata lebih akurat dari penemuan lima hari sebelumnya oleh Frederick Albert Cook.

Tahun 1911 Peary pensiun, Kongres AS menyatakan bahwa penemuan Peary tidak terbantahkan sehingga ia diberi pangkat admiral sebelum masa pensiunnya. Namun, komunitas ilmiah masih memperdebatkan apakah Peary benar-benar mencapai titik kutub karena ia memulangkan Robert Abram Bartlett satu-satunya orang yang mampu menghitung posisi lintang dan bujur secara akurat. Meskipun mengundang kontroversi, tak dapat dipungkiri bahwa ekspedisi ini di anggap paling luar biasa pada masa itu karena ekspedisi berikutnya tak pernah berhasil mencapai kutub utara. Pengalaman ekspedisi Peary dituliskan dalam buku The North Pole (1910) dan Secrets Of Polar Travel (1917).


Referensi:
Buku 100 tokoh paling berpengaruh abad 20
Penerbit Nuansa
0 Komentar untuk "Biografi Robert Peary"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info