Biografi Terbaru

Biografi Raden Iten 2

Sejak Raden Inten 2 dinobatkan sebagai raja di negara ratu (Lampung) ia selalu menentang pemerintah Belanda yang waktu itu telah menguasai sebagian Lampung. Tahun 1851, Belanda melakukan serangan ke Negara Ratu, tetapi dapat digagalkan. Kemudian Belanda dan Raden Inten membuat perjanjian damai yang isinya antara lain Belanda mengakui kedaulatan Negara Ratu, sedangkan Raden Inten mengakui pula daerah-daerah kekuasaan Belanda. Ternyata upaya ini hanya merupakan taktik Belanda belaka untuk menyusun kekuatan.



Tahun 1856, Belanda kembali melancarkan serangan secara besar-besran ke negara Ratu dan berhasil menguasai beberapa pertahanan Raden Inten. Namun Raden Inten tidak berhasil mengajak kerja sama Raden Ngerapat untuk menjebak Raden Inten 2.

Tanggal 5 Oktober 1858, Raden Ngerapat berpura-pura mengajak Raden Inten 2 ke suatu tempat. Tanpa diketahi Raden Inten, tempat tersebut ternyata sudah dikepung pasukan belanda yang bersiap untuk melakukan penyergapan. Radin Inten tetap memberikan perlawanan namun karena pertempuran tidak seimbang hingga akhirnya ia harus tewas saat itu juga.

Gugurnya Radin Inten 2 adalah akhir dari perjuangan rakyat Negara Ratu atau Lampung dalam memerangi Belanda. Raden Inten dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan SK Presiden RI No.048/TK/1998.

0 Response to "Biografi Raden Iten 2"

Post a Comment