Biografi Surya Paloh

Surya Paloh adalah tokoh populer sebagai pengusaha sekaligus tokoh politik di Indonesia. Ia dikenal sebagai pentolan Partai Golkar yang kini mendirikan Organisasi Kemasyarakatan yang di beri nama Nasional Demokrat. Organisasi ini ia dirikan bersama tokoh nasional Sri Sultan Hamengkubuono X. Di bidang dunia usaha, ia adalah pimpinan media group-sebuah berusahaan raksasa yang berkiprah di bidang pers. Media group memiliki jaringan usaha penerbitan (Media Indonesia, Lampung Post) dan televisi (Metro TV).

Surya Paloh lahir di Banda Aceh 16 Juli 1951, dibesarkan di Pematang Siantar, Sumut. Pematang Siantar banyak melahirkan tokoh-tokoh besar seperti TB Simatupang, Adam Malik, Parada Harahap, A.M. Sipahutar dan Harun Nasution. Di Medan ia aktif sebagai pengusaha dan politikus. Kegiatan dibidang politik menyebabkan Surya Paloh pindah ke Jakarta, menjadi anggota MPR dua periode. Namun di Jakarta ia justru lebih berkembang dalam bidang usaha dan terkenal sebagai seorang pengusaha muda Indonesia. Jiwa bisnis memang di kenalnya sejak usia muda. Sejak usia sekolah ia berdagang teh, ikan asin, dan karung goni. Surya Paloh juga sempat mendirikan perusahaan karoseri sekaligus penjualan mobil.

Selain berbisnis, Surya Paloh juga menekuni kuliahnya di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara dan Fakultas Sosial Politik, Universitas Islam Sumater Utara, Medan. Di kota yang terkenal keras dan semrawut ini, keinginan berorganisasi yang sudah berkembang sejak dari kota Pematang Siantar, semakin tumbuh subur dalam dirinya. Situasi pada saat itu, memang mengarahkan mereka aktif dalam organisasi massa yang sama-sama menentang kebijakan salah dari pemerintahan orde lama. Surya Paloh menjadi salah seorang pimpinan Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI).


Referensi: www.gbiografi.com
0 Komentar untuk "Biografi Surya Paloh"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info