Biografi Terbaru

Biografi Pablo Picasso


Pablo Picaso adalah seorang seniman lukis asal Spanyol yang menancapkan eksistensi lukisan sebagai karya seni dengan unsur estetika dan pemaknaan yang mendalam. Ia memiliki gaya lukisan, imaginasi, dan vitalitas tinggi disetiap karya-karyanya. Ia seniman produktif dan telah menghasilkan karya lebih dari 20.000 selama 75 tahun. Lukisan Picaso memiliki estetika, makna dan gaya yang khas sehingga banyak diminati kolektor dan menyebabkan harga lukisannya bernilai sangat mahal.
Pablo Ruiz Y Picasso lahir tahun 1881 di kota Malaga, Spanyol dan meninggal dunia di kota Mougins, Perancis, tahun 1973. Ayahnya seniman dan guru kesenian. Bakat Pablo muncul dalam usia muda sekali dan dia sudah jadi pelukis jempolan pada umur belasan tahun. Tahun 1904 dia menetap di Paris dan untuk selanjutnya tinggal di Perancis. Selain melukis, Picaso dikenal sebagai seniman serba bisa. dia juga banyak menghasilkan karya pahat, perancang panggung ballet, seni membuat pot, karya lithografi dan lukisan garis-garis menggunakan pensil atau kapur tulis.

Dalam kehidupan nyata, Picasso terlihat memiliki interest dalam bidang politik yang ditunjukkan dari lukisan populernya yang diberi tema "Guernica" (1937). Lukisan ini menggambarkan keadaan perang saudara di Spanyol. Selain "Guernica" ia juga menghasilkan karya yang dimaknai mengandung unsur-unsur politik. Lukisan Picaso tidak terikat oleh satu gaya atau aliran, namun menampilkan bermacam gaya dengan hasil luar biasa. Ia banyak mendapat julukan seperti pelopor "periode biru," "periode merah muda," "periode neo-klasik" dan pelopor "Kubisme,". 
Referensi: http://luk.staff.ugm.ac.id/

0 Response to "Biografi Pablo Picasso"

Post a Comment