Biografi Bob Dylan


Bob Dylan adalah seorang seniman hebat, musisi, penyair dan seorang pengkritik yang tajam dari ketimpangan sosial yang terjadi di sekitarnya. Melalui syair-syairnya yang penuh protes sosial dan terus di kenang hingga kini. Bab Daylan terlahir dengan nama Robert Allan Zimmerman, 24 Mei 1941 di Duluth Minnesotta Amerika Serikat. 

Album pertamanya dirilis tahun 1962 mengusung tema tentang kehidupan rakyat miskin dan kaum tertindas dengan alat musik gitar dan harmonika dengna title The Freewheelin Bob Dylan. Tahun 1963 ia kembali merilis album The Times They Are a-Changin. Dylan mengejutkan khalayak musik rakyat ketika tampil bersama sebuah band rock pada pertengahan tahun 1960-an karena terisnpirasi kelompok musik The Beatles dan Byrds. Lagu dengan versi Rock Mr Tambourine Man menjadi hits tahun 1965. Lagu-lagunya yang menjadi hits antar lain Bringing It All Back Home, Higway 61 Revisited dan Blonde On Blonde.

Karakter suara Bob Dylan terdengar sengau dan parau sesuai dengan aliran musiknya folk-blues. Namun lirik-lirik lagunya banyak diilhami tokoh-tokoh sastra seperti John Keats, Arthur Rimbaud dan Jack Keraouac. Namun tahun 1966, gaya musiknya mengalami perubahan dengan mengusung aliran country seperti terlihat pada lagunya Wesley Harding dan Nashville Skyline. 

Sekitar tahun 1970-1n Bob Dylan terjun dalam dunia film dan bermain untuk film Pat Garrett fan Bily the Kid yang disutradarai Sam Peckinpah dan pada tahun 1987 ia bermain dalam film Heart of fire. Ia bahkan sempat mensutradarai dan bermain sebagai pemeran utama dalam film drama Renaldo and calara. Album-albumnya memasuki tahun 1970-an lebih bertemakan religius seperti terlihat dalam lagu Slow Train Coming. Tahun 1995 ia membuat album live akustik Bob Dylan: Unplugged.  

Referensi
Buku 100 tokoh paling berpengaruh abad 20
Penerbit Nuansa

0 Komentar untuk "Biografi Bob Dylan"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info