Biografi Terbaru

Biografi Ahmad Dhani, Dewa 19

Ahmad Dhani adalah seniman music terkemuka Indonesia yang berkiprah di dunia music sejak usia belasan tahun. Sebagai seorang musisi, Dhani memiliki skill komplit mulai dari penulis lagu, arranger, vokalis, gitaris, keyboardis dan sekaligus produser. Rumah produksinya yang diberi nama Republik Cinta Management telah melahirkan band-band popular Indonesia seperti The Rock, Dewi-dewi dan TRIAD. Nama ahmad Dhani berkibar bersama kelompok music Dewa 19 yang ia dirikan bersama Erwin Prasetya, Andra Junaidi dan Wawan Juniarso di Surabaya. Band ini berdiri sejak usia mereka duduk di bangku SMP dan tetap eksis hingga sekarang.

Ahmad dhani bernama lengkap Dhani Ahmad Prasetyo lahir 26 Mei 1972 di Surabaya. Kegilaannya dalam dunia music berlangsung sejak ia usia belasan tahun di bangku SMP. Untuk menyalurkan hasrat musiknya, ia sering mengorbankan waktu sekolahnya untuk berkumpul dengan teman-teman bandnya di kompleks kampus Universitas Air Langga Surabaya. Pergulatannya dalam dunia musik mengantarkan Dhani Cs menyabet penghargaan dalam beberapa festival music seperti Festival Jazz Remaja se-Jawa Timur, juara I Festival band SLTA '90 atau juara II Djarum Super Fiesta Musik.

Dewa 19 melejit lewat album perdananya tahun 1992 dengan tajuk Dewa 19 dengan tambahan vocal Ari Lasso. Single Kangen pada alnum tersebut menjadi hits di tangga lagu popular saat itu. Album dewa 19 dirilis di Jakarta karena pada tahun tersebut belum ada studio rekaman yang memadahi di Surabaya. Album Dewa 19 bahkan menjadi album terlaris tahun 1993. Selanjutnya Dewa 19 terus menghasilkan album-album popular seperti Format masa depan (1994) terbaik,terbaik (1995) Pandawa Lima (1997), the best of Dewa 19 (1999), Bintang Lima (2000), Cintailah Cinta (2002), Atas Nama Cinta I & II (2004), Laskar Cinta (2004), Republik Cinta (2006), dan Kerajaan Cinta (2007). Dalam perjalannya, Dewa mengalami pergantian personel, dan hingga kini personel awal yang masih eksis adalah Ahmad Dhani dan Andra.
Selain berikrah bersama Dewa 19, Dhani juga banyak bereksperimen dengan kolaborasi bersama pemusik-pemusik internasional. Bersama personil Hospital The Musical (Australia) Clancy Alexander Tucker, Zachary Haidee-Keene, Michael Bennett ia membentuk grup the rock. Dahani juga membentuk grup music baru TRIAD yang beranggotakan Cameria Happy Pramita (Gitar,Backing Vocal), Ices (Bass) ,Tharaz Bistara (Gitar),Ikmal Tobing (Drummer) dan Wahyu Sudiro (Gitar). TRIAD melounching album perdananya tanggal 19 Feb 2010 dengan single "Makhluk Tuhan Paling Sexy" "Mustapha" milik Grup Queen dan "Selir Hati". Selain membentuk TRIAD, Dhani juga berkolaborasi dengan musisi Jazz asal Australia dan memasukkan lagu-lagu jazz nya dalam album the rock.
Menikah dengan teman SMA nya (Maia Estianty) tahun 1994 dan dikaruniai 3 anak laki-laki (Ahmad Al Gazali, El Jalaluddin Rumi, dan Ahmad Abdul Qodir Jaelani. Tahun 2006, rumah tangga Dhani dan Maia berantakan dan berujung dengan perceraian pada 23 September 2008 melalui keputusan hakim di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Saat ini Dhani mengakui telah menjadi suami Mulan Jammela dan telah dikaruniai seorang anak.

Thanks to wikipedia

0 Response to "Biografi Ahmad Dhani, Dewa 19"

Post a Comment