Biografi Randy Newman

Randy Newman adalah tokoh populer di dunia selebritis. Randy lahir di Los Angeles California 28 November 1943. Ia adalah penyanyi, pencipta lagu, sekaligus komposer tingkat dunia. Randy dikenal dengan keahliannya mencipta lirik lagu dan melodi yang memikat. Lagu-lagu populer Randy antara lain “Short People,” “I Love L.A.,” “Mama Told Me Not to Come,” dan banyak lagi. Bakat Randy di dunia entertainment terasah sejak usia tujuh tahun dan menjadi penulis lagu profesional pada usia 17 tahun.

Lagu ciptaan Randy banyak dirilis ulang oleh penyanyi-penyanyi top seperti Judy Collins, Peggy Lee, Ella Fitzgerald, dan Joni Mitchell. Di akhir 1960-an Randy sering tampil di perguruan tinggi dan klub malam. Permainan pianonya dan gaya vokalnya sangat memukau dengan gaya vokal santai, sangat santun, lirik yang sinis membedah politik dan masyarakat. Dia merilis album populer, termasuk Randy Newman (1968), Sail Away (1972), dan Little Criminals (1978). Di antara album terakhirnya adalah Land of Dreams (1988) dan Bad Love (1999).

Selain karir di musik rock, Newman mulai menulis skenario film, dimulai dengan Cold Turkey pada tahun 1971. Ia menerima dua nominasi Academy Award untuk skenario dan lagu " One More Hour " untuk film Ragtime (1981). Karyanya The Natural (1984) mengantarnya meraih nominasi dalam dua kategori serta Grammy Award untuk Best Instrumental Composition. Newman juga meraih nominasi Academy Award untuk karyanya pada Parenthood (1989), Avalon (1990), The Paper (1994), James and the Giant Peach (1996), dan beberapa karya lainnya. Newman terus melejit sebagai komposer film dan penulis lagu, dan akhirnya memenangkan Academy Award untuk lagunya "If I Didn't Have You" dari tahun 2001 kisah animasi Monster, Inc .Baru-baru ini, Newman memberi kontribusi pada soundtrack untuk Disney-Pixar film animasi Cars (2006), termasuk didalamnya lagu yang memperoleh Grammy Award "Our Town." Newman Menikah dua kali, memiliki tiga anak dari pernikahan pertamanya dengan Roswitha Schmale. Saat ini ia menikah dengan Gretchen Preece, pasangan ini memiliki dua anak .
0 Komentar untuk "Biografi Randy Newman"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info