Biografi Mohamed ElBaradei

Mohamed ElBaradei adalah satu dari delapan tokoh yang diprediksi sebagai calon pengganti Hosni Mubarak. Namanya melejit seiring pergolakan politik di Mesir. Baru-baru ini ElBaradei mengkritik keras sikap Amerika Serikat dianggap membingungkan menyangkut krisis yang bergolak di negara Arab berpenduduk terbanyak itu. Ia sekaligus mengecam pembicaraan politik "suram" di Mesir, sehari sebelumnya. ElBaradei kembali ke Mesir dari AS tak lama setelah protes anti-Mubarak merebak dan telah bergabung dengan demonstrasi untuk menuntut pemecatan presiden. Dia telah memposisikan dirinya sebagai juru bicara oposisi, namun tidak diundang untuk mengikuti pembicaraan antara kelompok pemerintah dan oposisi.
Dia menyebutkan negosiasi juga dihadiri Ikhwanul Muslim yang resmi dilarang pemerintah, kekurangan kredibilitasnya karena dikendalikan Mubarak dan pihak militer. "Proses ini buram. Tidak ada yang tahu siapa yang berbicara kepada siapa pada tahap ini," katanya kepada NBC, menunjuk besarnya rasa kurang percaya antara demonstran dan pemerintah. "Jika Anda benar-benar ingin membangun kepercayaan, maka Anda perlu melibatkan seluruh rakyat Mesir.

Biografi Mohamed ElBaradei


Mohamed ElBaradei lahir pada 17 Juni 1942 di Kairo, Mesir. Ia menikah dengan Aida Elkachef, seorang guru TK di Sekolah Internasional Wina, dan mempunyai dua orang anak, Laila dan Mostafa. Saat ini ElBaradei menjabat Direktur Jenderal Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) saat ini. ElBaradei juga adalah anggota Asosiasi Hukum Internasional dan American Society of International Law. Pada 7 Oktober 2005, Baradei dan IAEA dianugerahi Penghargaan Perdamaian Nobel untuk "usaha-usahanya dalam mencegah energi nuklir dari digunakan untuk tujuan-tujuan militer dan untuk memastikan bahwa energi nuklir untuk tujuan yang damai digunakan dalam cara-cara paling aman."

Karir Mohhamad El Baradei:

No
Tahun
Prestasi
1 1962 Lulus Sarjana Hukum Universitas Kairo
2 1964 Bekerja di Kementrian Luar Negeri Mesir
3 1974 Mendapat gelar Doktor hukum internasional dari New York University
4 1980 Bekerja di United Nations Institute for Training and Research
5 1984 Anggota senior Sekretariat IAEA
6 1984-1993 Penasehat hukum IAEA
7 1993-1997 Menjadi asisten Dirjen hubungan luar negeri Mesir
0 Komentar untuk "Biografi Mohamed ElBaradei"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info