Warren Gamaliel Harding (presiden AS ke 29)

Warren Gamaliel Harding (lahir di Dekat Blooming Grove, Ohio, 2 November 1865 – meninggal di San Francisco, California, 2 Agustus 1923 pada umur 57 tahun) adalah seorang politisi Amerika dan Presiden Amerika Serikat yang ke-29 (1921-1923) Dialah presiden keenam yang meninggal di kala masih menjabat. Ia meninggal pada 2 Agustus 1923. di San Francisco, California Sebagai seorang anggota Partai Republik dari Amerika Serikat untuk wilayah Ohio, ia didampingi wakil presiden Calvin Coolidge.


Ketika ia berusia sepuluh tahun, keluarganya pindah ke desa Ohio kecil Kaledonia dimana ia dibesarkan. Kedua orangtuanya adalah dokter yang diberi izin medis berdasarkan pengalamannya sebagai bidan dan dalam membantu suaminya, George Harding. Pada usia empat belas, ia memasuki Ohio Central College, ia lulus dengan gelar BS  tahun 1882. Setelah kuliah, Harding mengajar di sebuah sekolah luar negeri Marion, Ohio dan pada usia 25 tahun menikah dengan janda Florence "Flossie" Mabel kling Dewolf, lima tahun lebih tua darinya. Warren gamaliel harding, perawakannya tinggi besar dengan dada bidang, kulit cerah kontras dengan rambut pekatnya yang gelap, matanya tajam seperti elang, suaranya menggelegar berwibawa. pendek kata, jangankan manusia, ayam dan kambing pun bisa mabuk kepayang dibuatnya. setidaknya itu kesan yang saya dapat dari beberapa buku yang mengupas biografi warren harding, presiden amerika dari partai republik tahun 1921-1923. berlawanan dengan tampilan fisiknya, warren harding ternyata seorang peragu, keputusannya plin plan, dan beberapa kali menganulir kebijakan yang dibuatnya sendiri. celakanya, saat itu amerika sedang mengalami depresi ekonomi yang akut. Semua kesan gagah itu tercipta dan dipersiapkan sejak warren harding muda, editor sebuah koran kecil di ohio ini “ditemukan” harry dougherty, machiavelli politik ohio yang kondang itu. ia sukses merancang kesan hebat dalam setiap tahap kampanye politik harding. sejak menjadi senator hingga menjadi orang nomor satu di amerika.

Harding menang menarik lebih dari 7 juta suara lebih dari Cox. Kandidat Partai Sosialis memenangkan 3 persen pemilih, mengumpulkan sembilan puluh ribu suara. Dalam electoral college, Harding memenangkan tiga puluh tujuh negara dan 404 suara; Cox menang hanya sebelas negara bagian selatan, dengan 127 suara electoral college, tradisional "Solid Selatan" dasar Partai Demokrat.   Kegantengannya membuat para pemilih amerika mengabaikan franklin d. roosevelt, kompetitornya dari demokrat saat itu.namun kepresidenan harding tak bertahan lama, hanya dua tahun memimpin, ia meninggal karena stroke. sejarah amerika mengenang si ganteng ini sebagai presiden terburuk sepanjang masa. 


 referensi : wikipedia, http://tsimbalar.wordpress.com, http://millercenter.org/president/harding/essays/biography/print

 
0 Komentar untuk "Warren Gamaliel Harding (presiden AS ke 29)"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info