Herbert Clark Hoover (Presiden AS ke 31)

Herbert Clark Hoover (lahir di West Branch, Iowa, 10 Agustus 1874 – meninggal di Kota New York, New York, 20 Oktober 1964 pada umur 90 tahun) adalah Presiden Amerika Serikat yang ke-31 (1929-1933). Ia tumbuh sebagai seorang Quaker. Ayahnya meninggal ketika Hoover 6 tahun. Tiga tahun kemudian, ibunya meninggal dan ia dan dua saudaranya dikirim ke berbagai tinggal bersama kerabat. Dia mengikuti sekolah lokal sebagai pemuda. Dia tidak pernah lulus dari sekolah tinggi. Dia kemudian terdaftar sebagai bagian dari kelas pertama di Stanford University di California. Ia lulus dengan gelar di bidang geologi.


Pada tahun 1928, Hoover dinominasikan sebagai kandidat presiden Republik pada pemungutan suara pertama dengan Charles Curtis sebagai pasangannya. Dia melawan Alfred Smith, Katolik Roma pertama yang dicalonkan sebagai presiden. Agama adalah bagian penting dari kampanye melawan Hoveer. Hoover akhirnya menang dengan 58% suara dan 444 dari 531 suara. 

Masa jabatan Hoover terutama dihantui oleh krisis ekonomi yang mulai dari tahun 1929. Oleh karena itu perkampungan-perkampungan miskin di Amerika disebut Hooverville (Kota Hoover). Dia juga seorang yang insinyur tambang, humanitarian, dan administrator. Ia memberikan contoh komponen Gerakan Penghematan dari Era Progresif, berpendapat bahwa hal itu adalah solusi teknis untuk semua masalah sosial dan ekonomi—kedudukan yang dihadapi pada masa Depresi Besar yang bermula saat ia menjadi presiden.

Pada tahun 1932 Hoover mencalonkan diri menjadi presiden lagi namun dikalahkan oleh Franklin Roosevelt. Ia pensiun ke Palo Alto, California. Ia menentang New Deal. Beliau diangkat sebagai koordinator Pasokan Pangan untuk Kelaparan Dunia (1946-1947). Dia adalah ketua Komisi Organisasi Cabang Eksekutif Pemerintah atau Komisi Hoover (1947-1949) dan Komisi Pemerintah Operasi (1953-1955) yang bertujuan mencari cara untuk merampingkan pemerintah. Ia meninggal pada 20 Oktober 1964 oleh kanker.

referensi: http://americanhistory.about.com
0 Komentar untuk "Herbert Clark Hoover (Presiden AS ke 31)"

 
Copyright © 2014 Biografi Tokoh Dunia - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info